water beads untuk tanaman

Kupas Tuntas Media Tanam Water Beads untuk Tanaman!

8 views

Apakah sudah mengenal water beads untuk tanaman? Media tanaman saat ini sangatlah beragam, tidak hanya dengan menggunakan tanah. Contoh media tanam yang mulai digandrungi oleh masyarakat yaitu water beads. Hidrogel atau water beads sangatlah beragam bentuk dan warnanya. Berikut ini beberapa penjelasan lengkap terkait water beads:

Apa Itu Water Beads Tanaman?

Water beads untuk tanaman merupakan media tanam yang terbuat dari bahan kristal polimer. Memiliki bentuk seperti agar-agar yang kenyal namun lebih tidak mudah hancur. Tidak perlu merasa bingung karena media tanam ini sangat aman dan tidak membuat tanaman mati. Media hidrogel berfungsi untuk menggantikan tanah sebagai media tanam. 

Warna dari water beads sebagai media tanam sangatlah banyak. Contoh-contoh warnanya seperti merah, biru, kuning, ungu, jingga, hijau, kuning, bening dan lainnya. Kombinasi warna yang sesuai dengan jenis tanaman pada wadah kristal akan semakin membuat kesan elegan dan mewah pada ruangan. Ukuran dari media tanam ini yaitu standard, jumbo dan super jumbo.

Jenis Tanaman yang Sesuai Menggunakan Water Beads

Apakah media ini dapat digunakan untuk semua jenis tanaman? Tidak semua tanaman dapat ditanam dengan media water beads. Kriteria tanaman yang sesuai yaitu tidak memerlukan cahaya matahari langsung. Water beads untuk tanaman dapat digunakan untuk beberapa genus.

 1. Genus Sansevieria

Tanaman genus Sansevieria merupakan tanaman sukulen yang memiliki bentuk keras dan kaku. Contoh dari jenis tanaman ini yaitu lidah mertua. Warnanya dari tanaman ini beragam mulai dari hijau, kombinasi kuning hijau dan kuning. 

2. Genus Aglaonema

Contoh dari tanaman genus ini yaitu tanaman sri rejeki, peace lily, dan lainnya. Genus aglaonema memiliki sekitar 30 lebih spesies tanaman hias. Tanaman ini dapat ditanam diluar ruangan maupun didalam ruangan. Sangatlah cantik apalagi jika ditanam dengan menggunakan water beads untuk didalam ruangan. 

3. Genus Anthurium

Tidak jarang juga banyak yang menggunakan genus tanaman ini untuk ditanam menggunakan water beads. Contoh dari jenis tanaman genus Anthurium yaitu kuping gajah. Bentuknya yang rimbun serta media tanam yang sangat berwarna akan semakin mempercantik ruangan. 

4. Genus Dracaena

Jenis tanaman pada genus ini yaitu bambu-bambuan. Contoh dari tanamannya yaitu jenis bambu hias. Perpaduan warna media dan warna bambu hias akan semakin menambah keindahan dan keasrian ruangan yang ada di rumah. 

5. Jenis tanaman sayuran

Tidak perlu bingung jika ingin menggunakan media ini untuk menanam tanaman sayuran. Karena media water beads juga sangat aman untuk jenis tanaman konsumsi. Cara yang dapat dilakukan yaitu memindahkan sayuran setelah proses pembibitan. Menjadikan ruangan tampak indah namun juga menghasilkan sayuran yang aman bagi keluarga. Contoh tanamannya seperti selada, kangkung, sawi dan lainnya.

Kelebihan Media Tanam Water Beads

Selain cantik, water beads juga memiliki beragam kelebihan lain ketika digunakan sebagai media tanam. Apa saja kelebihannya? Yuk langsung saja simak dibawah ini:

1. Mudah Perawatannya

Memiliki fungsi yang sama dengan tanah sebagai media tanah, ternyata media tanam ini juga tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Praktis, mudah, dan cepat. Cukup semprotkan air pada media hidrogel jika telah mulai menyusut. Umumnya perlu menyemprot hidrogel sesekali saja dalam sebulan. 

2. Ramah Lingkungan

Media tanam ini juga sangatlah ramah lingkungan. Karena jika telah tidak digunakan dapat dibuang di tanah dan akan diuraikan oleh bakteri tanah. Media ini akan diubah menjadi Nitrogen, H2o (air), dan karbondioksida (CO2).

3. Tidak Larut 

Jangan khawatir jika menggunakan media tanam ini karena warna media ini tidak mudah luntur jika terkena air. Tidak perlu bingung warna akan bertahan hanya beberapa hari saja karena media ini cukup awet.

Telah diketahui mengenai beberapa informasi water beads untuk tanaman sebagai pengganti tanah. Menyalurkan hobi menanam tanpa harus repot selalu menyiramnya. Membuat suasana ruangan lebih indah karena warna yang ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *