tanaman penyerap panas ruangan

5 Tanaman Penyerap Panas Ruangan, Wajib Punya!

2 views

Selalu merasa panas jika berada pada suatu ruangan tertutup? Jangan khawatir, karena jika tidak memiliki cukup uang untuk membeli AC terdapat cara lainnya. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan tanaman penyerap panas ruangan. Tanaman tersebut dapat membuat ruangan lebih sejuk dan asri. Berikut ini beberapa rekomendasi tanamannya:

1. Palem Bambu

Terdapat banyak sekali jenis tanaman indoor yang tidak hanya menjadi tanaman hias namun juga dapat membantu menyejukkan ruangan. Tanaman tersebut juga dapat bermanfaat untuk mengurangi beberapa polusi udara pada ruangan. Sehingga udara yang ada di dalam ruangan masih sangat baik untuk kesehatan manusia.

Ruangan yang panas memang akan membuat tidak betah untuk berlama-lama didalamnya. Tanaman yang dapat ditanam pada ruangan yaitu palem bambu. Tanaman ini dapat diletakkan diatas meja ruangan ataupun diletakkan dilantai. Hal tersebut bergantung pada ukuran tanaman yang digunakan.

2. Sirih Gading

Tanaman penyerap panas ruangan lainnya yaitu sirih gading. Tumbuhan menjalar ini selain cantik diletakkan di ruangan juga memiliki banyak manfaat. Selain dapat digunakan untuk hiasan juga dapat digunakan untuk mengurangi racun udara. Aktivitas manusia sehari-hari memang sering kali membuat polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. 

Meletakkan daun sirih pada ruangan dapat mengurangi racun karena tanaman ini menyerap zat racun seperti benzena dan karbon monoksida. Ditanam, kemudian diletakkan pada meja maupun digantung pada ruangan sangat cocok. Tanaman ini mengubahnya menjadi gas oksigen yang sangat berguna bagi manusia. Selain itu proses transpirasinya akan mengeluarkan kelebihan air ke udara sehingga ruangan menjadi lebih sejuk. 

3. Anthurium

Siapa yang tidak mengenal tanaman anthurium? Tanaman ini sempat digandrungi dan memiliki harga yang sangat fantastis mencapai puluhan dan ratusan juta. Menjadi tanaman hias ternyata tanaman ini memiliki segudang kegunaan lainnya seperti mengurangi racun udara dan menyejukkan ruangan. 

Tanaman berdaun lebar ini sangat cantik bila diletakkan didalam ruangan. Membuat ruangan menjadi lebih indah untuk dilihat. Anthurium juga ternyata dapat menyerap racun udara seperti ammonia, formalin, toluna, dan xylene dan diubah menjadi oksigen. Oksigen dan uap air yang dikeluarkan tanaman melalui proses transpirasinya yang membuat ruangan menjadi tidak panas.

4. Lidah mertua

Lidah mertua merupakan tanaman yang tidak sulit perawatannya. Tanaman ini memiliki banyak jenis warna yang dapat membuat ruangan akan terlihat lebih indah. Tumbuhan ini sangatlah cocok menjadi tanaman indoor seperti di ruang tamu, ruang makan dan kamar tidur. Peletakan tanaman ini dapat diatas meja maupun di lantai tergantung pada ukuran yang diinginkan. 

Tanaman ini mampu menyerap zat racun yang berada pada ruangan dan mengubahnya menjadi oksigen. Selain itu tanaman ini juga mengeluarkan uap air dari proses tersebut yang juga sangat membantu dalam menjadikan ruangan tidak panas. Perawatan yang tidak perlu disiram setiap hari juga sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kesibukan tinggi.

5. Krisan 

Apakah tanaman krisan dapat diletakkan didalam ruangan? Tanaman hias berbunga ini dapat diletakkan dalam ruangan seperti ruang tamu, keluarga maupun dapur. Selain cantik, bunga krisan juga memiliki manfaat lainnya untuk membuat ruangan menjadi tidak panas. Hal tersebut dikarenakan oksigen dan uap air yang dikeluarkan oleh tanaman ini.

Bunga Krisan sangat membantu sebagai tanaman penyerap panas ruangan dan zat racun berbahaya bagi tubuh manusia. Krisan dapat menyerap zat beracun seperti benzena yang ada di dalam ruangan. 

Telah diketahui beberapa jenis tanaman penyerap panas ruangan yang cantik dan kaya manfaat. Perawatan terhadap jenis tanaman tersebut juga tidak ribet. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tempat untuk peletakannya baik di meja maupun di lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *