pestisida semut untuk tanaman

Pestisida Semut untuk Tanaman Bisa Dibuat Dari Bahan Alami Ini

10 views

Adanya serangga sering kali mengganggu pertumbuhan tanaman. Banyak yang membasminya dengan menggunakan insektisida berbahan kimia yang tentunya berbahaya bagi lingkungan, jika digunakan dalam waktu lama. Oleh karena itu, ada bahan-bahan untuk membuat pestisida semut untuk tanaman secara alami. Semua bahannya tidak sulit didapatkan dan prosesnya juga tidak rumit. Berikut bahan-bahan tersebut:

1. Sabun Cuci Piring

Bukan hanya sebagai pembersih, ternyata sabun cuci piring juga dapat digunakan untuk membasmi semut yang mengganggu tanaman. Cara kerjanya adalah dengan menghancurkan lapisan lilin pada bagian luar yang mengakibatkan serangga tersebut mati disebabkan dehidrasi. Bibit yang ditanam akan tumbuh subur bebas dari hama.

Cairannya bisa dibuat dengan mencampurkan antara satu sendok teh sabun cuci piring dan satu liter air hangat dalam wadah. Aduk agar merata, lalu masukkan ke botol. Tinggal semprotkan ke sekitar tanaman atau jalan yang dilalui semut. Lebih baik lagi, jika menggunakan sabun yang memiliki aroma peppermint, karena serangga tidak menyukainya.

2. Citrus Oil

Bahan selanjutnya yang bisa mengusir semut itu menggunakan cairan yang berisi campuran antara minyak esensial jeruk sebanyak ¾ cangkir dan satu sendok makan molase. Lalu dapat menambahkan sabun cuci piring dan diletakkan dalam satu wadah air. Kemudian, tinggal semprotkan ke tanaman agar serangga hilang.

Kandungan di dalam jeruk tidak disukai semut, sehingga cocok sekali jika dibuat pestisida secara alami. Tapi jika minyak esensial susah didapatkan, para pekebun bibit tanaman dapat menggantinya dengan lima kulit jeruk yang direbus hingga lunak, kira-kira sekitar 15 menit. Masukkan ke dalam food processor lalu tinggal disemprotkan kapan saja.

3. Boraks dan Madu

Pancing semut agar masuk ke dalam umpan menggunakan boraks dan madu. Cairan ini bisa dibuat dengan membuat campuran keduanya dan besar perbandingannya sama. Masukkan ke dalam toples dan biarkan terbuka. Pemilik tanaman hanya perlu meletakkannya di samping tanaman dan tunggu serangga datang sendiri. Jika serangga masuk ke dalamnya, maka akan mati.

4. Air dan Cuka

Cuka memiliki bau menyengat yang tidak disukai serangga, sehingga bisa dibuat pestisida alami yang lebih ramah lingkungan. Setelah disemprot cairan berisi campuran air dan asam asetat ini, semut akan kabur dan tidak lagi mengganggu pertumbuhan tanaman. Jadi, dengan bahan ini tidak perlu memakai insektisida berbahan kimia.

5. Bubuk Kopi

Bagi yang suka berkebun, buatlah pestisida semut untuk tanaman dengan menggunakan bubuk kopi. Jika diberi bubuk kopi, semut akan menjauh dan tidak menyerang pertumbuhan. Pemilik bibit tinggal menaburkannya di sekitar tanaman tanpa harus mencampurkannya ke dalam air.

6. Air Bawang Putih

Tidak hanya berfungsi untuk membuat masakan terasa sedap, bumbu dapur yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir semut yang menyerang tanaman. Sama seperti peppermint, serangga juga tidak menyukainya dan akan menjauh. Tinggal rendam bawang putih sebanyak 10 butir selama kurang lebih 15 menit. Lalu semprotkan ke sekitarnya.

7. Bubuk Kayu Manis

Bahan yang terakhir ini dapat ditemukan dengan mudah di dapur. Pembaca dapat membelinya di toko yang menjual bumbu. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, karena harganya terjangkau. Cara buatnya itu cukup siapkan air sebanyak dua desiliter dan larutkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalamnya. Aduk sampai tercampur rata dan tinggal semprotkan ke tanaman yang diserang semut.

Itulah bahan guna membuat pestisida semut untuk tanaman secara alami dan mudah diproduksi sendiri. Sekarang tidak perlu lagi memakai insektisida berbahan kimia yang kurang ramah terhadap lingkungan, karena bisa membuatnya dengan bahan-bahan dari alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *