perangsang tunas tanaman alami

Inilah 5 Bahan Perangsang Tunas Tanaman Alami

9 views

Perkembangan serta pertumbuhan tanaman dapat didorong dengan hormon perangsang ataupun zat pengatur tumbuh atau yang sering disebut ZPT. Sejatinya ZPT ini dapat dibuat secara alami dan bisa dimanfaatkan sebagai zat perangsang tunas tanaman alami. Hal ini berlaku pada beberapa jenis tanaman vegetatif, cangkok maupun stek.

Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT berperan merangsang, memicu pertumbuhan tanaman. Meskipun konsentrasi yang diperlukan dari zat ini cenderung kecil, namun peran dari ZPT sangat diperlukan. Berikut merupakan rangkuman mengenai beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan ZPT secara alami:

1. Bawang Merah

Bawang merah dipercaya memiliki hormon Giberelin dan Auksin. Oleh karenanya kandungan alami dari bawang merah cukup bagus guna merangsang pertumbuhan tanaman. Cara pembuatannya sangat mudah.

Yakni dengan menyiapkan beberapa siung bawang merah, sekitar 10 sampai 15 siung. Kemudian blender halus, lalu tambahkan air bersih sekitar 1 liter. Tinggal aduk kedua bahan tersebut. Terakhir saring airnya. Air ekstrak bawang inilah yang nantinya sebagai bahan alami ZPT.

2. Rebung Bambu

Perangsang tunas tanaman alami juga dapat memanfaatkan kandungan alami rebung bambu. Rebung bambu memiliki kandungan hormon Giberelin. Adapun jenis bambu yang banyak memiliki kandungan ini adalah jenis bambu tali. Disarankan untuk mengambil ataupun memotong rebung di pagi hari sekitar pukul 6 atau saat matahari belum terbit.

Pembuatan ZPT menggunakan rebung bambu umumnya dibuat fermentasi. Ditambah dengan bahan lain seperti tauge, gula merah, air kelapa serta EM4. Caranya yakni rebung dan tauge dihaluskan, kemudian gula merah dicairkan. Lalu campur semua bahan dan tutup rapat dengan plastik dalam jerigen. Kendorkan sedikit tutup plastik agar tidak pecah saat proses fermentasi.

3. Bonggol Pisang

Bonggol pisang ternyata bisa dimanfaatkan untuk perangsang tunas tanaman alami. Bahan ini mengandung zat Sitokinin. Adapun bonggol yang biasanya digunakan adalah bonggol pisang bekas penebangan.

Jika rebung bambu disarankan diambil pada pagi hari, berbeda dengan bonggol pisang yang sebaiknya diambil pada sore hari. Secara umum, cara dan bahan pembuatan persis saat membuat ZPT dengan rebung bambu.

4. Air Kelapa

Kandungan alami air kelapa merupakan bahan berikutnya untuk membuat zat ZPT alami. Namun harus diperhatikan jika penggunaan bahan ini harus disertakan dengan bahan lain yakni lidah buaya serta gula merah.

Langkah pertama yakni dengan mencairkan gula merah dengan air sekitar 100 ml lalu dinginkan. Setelah dingin campurkan semua bahan dan haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Selain gula merah bisa juga menggunakan gula pasir atau gula tetes tebu.

5. Tauge

Tauge bisa menjadi bahan lain untuk membuat ZPT alami. Ketika digunakan sebagai bahan alami juga perlu dicampur dengan bahan lain seperti gula pasir, sayur hijau, susu yakult, telur dan gula pasir. Caranya masukkan semua bahan kecuali telur, sebab telur yang digunakan adalah kuningnya saja.

Blender semua bahan hingga halus, kemudian simpan dengan rapat selama kurang lebih 1 minggu. Setelah selama satu minggu didiamkan, buka lalu saring sampai tersisa endapannya. Kedua hasil fermentasi ini bisa dijadikan pupuk. Hasil cairannya bisa difungsikan sebagai pupuk cair. Sedangkan ampasnya untuk dijadikan pupuk padat.

Pemberian ZPT dari bahan alami juga tidak boleh berlebihan. Setidaknya berikan 2-3 kali dalam seminggu. Meskipun banyak obat ZPT kimia yang diperjualbelikan, tiada salahnya untuk membuat zat perangsang tunas tanaman alami dari bahan-bahan seperti yang diuraikan di atas. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *