pemupukan tanaman pisang

Jadwal Pemupukan Tanaman Pisang Agar Berbuah Lebat

5 views

Pohon pisang masih menyimpan prospek yang bagus bagi perekonomian masyarakat. Tidak heran jika banyak petani yang membudidayakan jenis tanaman satu ini. Agar pohon pisang dapat tumbuh dengan baik selain pemilihan bibit juga harus memperhatikan pemupukan tanaman pisang. Pemupukan pohon pisang dapat dilakukan bertahap dengan usia dan kadar yang berbeda.

Pemupukan dapat dibedakan berdasar pemupukan pupuk dasar serta pemupukan susulan. Pupuk dapat ditaburkan langsung pada lubang atau ditabur di sekeliling tanaman. Namun dengan catatan harus menggunakan dosis serta jenis pupuk yang tepat. Agar lebih jelas, berikut informasi tentang jadwal pemupukan pohon pisang, antara lain:

1. Waktu Pemberian Pupuk Dasar Pohon Pisang

Pupuk dasar yang bisa digunakan adalah pupuk kompos atau pupuk kandang. Adapun pemberian jenis pupuk ini dapat diaplikasikan saat 20 sampai 30 hari sebelum proses pembibitan pohon. Secara umum kebutuhan pupuk dasar setiap tanaman yakni sekitar 3 hingga 10 kg pupuk organik.

Hal ini juga harus disesuaikan dengan tingkat kesuburan serta kondisi tanah. Apabila tanah mengandung ph kurang dari 4,5 maka dapat ditabur kapur dolomite secukupnya. Jenis pupuk kandang dapat ditabur langsung pada lubang tanam.

2. Momen yang Tepat untuk Proses Pemupukan Susulan Pertama

Pada tahap proses pemupukan susulan pertama tanaman pisang telah menginjak usia 10 sampai 15 hari setelah tanam. Cara pemupukan ini dapat dilakukan dengan menaburkan di sekeliling tanaman. Jarak yang diperlukan yakni minimal 30 cm dari pangkal batang pohon.

Sebagai informasi, sebelum ditabur sebaiknya dibuat parit melingkar dengan kedalaman sekitar 5 cm sampai 10 cm lalu pupuk ditimbun tanah. Adapun dosis pupuk untuk susulan tahap pertama ini setidaknya sekitar 162, 5 kg untuk lahan seluas 1 hektar. Berdasar rinciannya antara lain yakni 37,5 SP36 + 87,5 KG Urea dan 37,5 KCL.

3. Waktu Proses Pemupukan Tahap Kedua

Pemupukan tanaman pisang tahap kedua dapat dilakukan ketika tanaman berusia sekitar 3 bulan setelah masa tanam. Caranya yakni membuat parit di kedalaman sekitar 10 cm pada sekeliling pangkal batang pohon dengan jarak sekitar 60 sampai 70 dari pangkal.

Kemudian pupuk ditabur pada parit dan ditimbun dengan tanah. Sementara dosis yang diperlukan untuk pemupukan tahap kedua ini yakni sekitar 243,75 kg hektar nya. Bidasar rincian yakni 56,25 kg SP36 + 131,25 kg Urea serta 56,25 kg KCL.

4. Pemupukan Tahap Ketiga

Pupuk susulan tahap ketiga dapat dilakukan ketika pohon pisang telah mencapai usia 6 bulan dari masa tanam. Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya yakni membuat parit dengan kedalam sekitar 10 cm disekitar pangkal batang pohon. Kemudian memberi jarak 60 sampai 70 cm dari pangkal.

Berikutnya tinggal taburkan pada parit yang telah dibuat dan ditimbun tanah. Adapun dosis yang diperlukan untuk proses pemupukan tahap ketiga yakni sekitar 243,75 kg setiap hektar nya. Dosis tersebut berdasar rincian 56,25 kg SP36 + 131,25 KG Urea serta 56,25 kg KCL.

5. Waktu Pemupukan Tahap Keempat

Pada tahap keempat pemupukan tanaman pisang dilakukan saat usia 9-10 bulan. Rekomendasi pupuk yang cocok pada tanaman pisang yakni pupuk kandang sebelum penanaman kemudian dilanjutkan dengan pupuk organic seperti Urea, KCL atau SP36. Dosis yang digunakan juga harus berdasar pada luas lahan yang digunakan.

Itulah penjelasan dari jadwal pemupukan untuk tanaman pisang yang bisa dijadikan sebagai referensi. Selain pemupukan tanaman pisang, hal lain yang harus diperhatikan adalah mencegah adanya hama tanaman. Tidak hanya itu, perawatan serta pemeriksaan intens juga diperlukan. Tujuannya agar tanaman mampu tumbuh subur dan menghasilkan buah berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *