pemupukan tanaman kopi

Pemupukan Tanaman Kopi Serta Pemberian Pupuk yang Benar

3 views

Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang pahit dan unik setelah dicampur dengan gula atau lainnya. Tanaman kopi dapat tumbuh di tanah Indonesia yang subur sehingga banyak yang berminat untuk membuka perkebunan tanaman kopi ini. Untuk menghasilkan kopi yang berkualitas maka pemupukan tanaman kopi wajib dilakukan.

Tahapan Pemupukan Tanaman Kopi

Untuk melakukan pemupukan maka harus memperhatikan tahapannya agar menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Dari tahapan tersebut dapat mengetahui kapan kopi dapat dipanen dan dapat diproduksi. Langsung saja simak pemupukan dari tanaman kopi yang memiliki beberapa tahapan hidup, berikut ini:

1. Tahap Penyemaian dan Pembibitan

Pada tahap pemupukan pertama dan kedua ini pastikan pilih pupuk yang membuat tanah lebih gembur dan subur. Tahap pertama yaitu penyemaian menggunakan pupuk kompos yang dicampur dengan tanah untuk menanam bibit kopi. Setelah beberapa waktu maka dapat melanjutkan tahap kedua yaitu pembibitan dengan memberikan pupuk organik maupun anorganik.

Pupuk organik diberikan kepada campuran kompos atau pupuk kandang lainnya untuk membuat tanaman kopi tumbuh dengan baik. Sedangkan untuk pupuk anorganik menggunakan pupuk urea yang dilakukan dengan membenamkannya.

2. Tahap Sebelum dan Setelah Menanam Bibit

Tahapan selanjutnya dalam pemupukan tanaman kopi yaitu tahap sebelum dan setelah menanam bibit. Untuk Pupuk yang digunakan sebelum menanam bibit yaitu pupuk dasar dengan menggali lubang tanaman. Setelah beberapa bulan lubang galian tersebut dapat diberikan pupuk sulfur yang bertujuan untuk menghilangkan jamur.

Pada tahap setelah menanam bibit, pemupukan harus langsung dilakukan meskipun pada saat itu sedang musim hujan. Pemupukan yang dilakukan menggunakan 3 pupuk yang salah satunya pupuk urea untuk membuat tanaman terus subur. Dalam satu tahun pasti kan memberikan pupuk puk setelah menanam bibit sebanyak 2 kali.

Cara Pemberian Pupuk yang Baik dan Benar

Selain tahapan pemupukan tanaman kopi, petani harus mengetahui cara pemberian pupuk yang baik dan benar agar menghasilkan tanaman yang produktif. Pemberian pupuk yang akan dibahas yaitu ketika tanaman kopi sudah ditanam. Jika hanya memberikan pupuk di sekitar tanaman saja maka pupuk tidak akan bekerja untuk tanaman kopi.

Untuk itu pupuk yang telah dirincikan dapat dimasukkan ke dalam lubang dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari tanaman. Buatlah lubang untuk pupuk tersebut sedalam 20-30 cm dari permukaan tanah. Agar pupuk dapat dimanfaatkan segera dengan akar tanaman kopi maka tuang pupuk tersebut kemudian tutup dengan tanah. 

Ketika sudah tertutup maka selanjutnya siram dengan air, jika sedang hujan maka biarkan hujan yang menyiramnya. Penyiraman pada pupuk dilakukan agar pupuk larut dan segera mengenai akar tumbuhan. Setelah mengenai akar maka pupuk akan membuat tanaman kopi subur sesuai dengan pemberian pupuk jenis apa. 

Jangan lupa untuk memberikan tanaman kopi di sekitarnya dengan bahan organik seperti daun dan rerumputan. Untuk pupuk kandang yang termasuk bahan organik juga dibutuhkan namun pemberiannya cukup 1 hingga 2 kali selama setahun. Setelah melakukan cara pemberian pupuk yang baik maka tanaman akan tumbuh dengan subur dibantu dengan cuaca yang bagus.

Mengetahui cara pemberian pupuk ini membuat pemilik tanaman kopi menjadi lebih untung karena memiliki hasil yang baik. Selain itu tanaman lebih produktivitas dengan pemberian pupuk sesuai dengan takaran dan juga tiap tahapannya.

Itulah pemupukan tanaman kopi setiap tahapannya dan pemberian pupuk yang baik dan benar. Untuk menghasilkan tanaman yang produktivitas maka dapat menggunakan pupuk sesuai dengan tahapan usia dari tanaman kopi. Kopi yang berkualitas akan memberikan rasa dan aroma yang memikat banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *