pembasmi kutu putih pada tanaman

5 Cara Ampuh Sebagai Pembasmi Kutu Putih Pada Tanaman

3 views

Kutu putih merupakan jenis hama yang sering muncul pada tanaman hias. Hama ini cukup berbahaya sebab mampu menyerap habis nutrisi dari dalam tumbuhan. Dampaknya, tanaman kekurangan nutrisi dan mati. Adakah pembasmi kutu putih pada tanaman? Pertanyaan ini kerap muncul dan akan terjawab pada artikel ini.

Selain berakibat pada tumbuhan, kutu putih yang tidak sengaja tersentuh tangan akan menyebabkan gejala seperti gatal-gatal. Oleh karenanya, adalah solusi tepat untuk mengetahui metode membasmi hama nakal ini. Berikut beberapa teknik efektif yang bisa dicoba:

1. Semprot Menggunakan Sabun Ataupun Cuka

Metode untuk membasmi kutu putih pada tanaman yang bisa dicoba sendiri yakni dengan mengaplikasikan sabun ataupun cuka. Kedua bahan ini cukup mudah ditemukan dan menjadi peralatan tempur setiap hari para ibu. Caranya mudah, tinggal campurkan 8 tetes sabun dengan 1 liter air hangat.

Semprotkan pada bagian bawah daun, jangan sampai mengenai bagian atas daun. Selain kutu putih jarang tumbuh disana, hal itu juga akan mengganggu proses fotosintesis tumbuhan. Tidak hanya sabun cuci, bahan lain yang bisa dimanfaatkan adalah cuka. Tahap dan metode yang dilakukan sama seperti saat menggunakan sabun cuci.

2. Menyemprot Menggunakan Minyak Nimba

Sebagian besar orang mungkin sedikit asing dengan istilah minyak nimba. Minyak nimba sendiri merupakan cairan esensial alami yang umumnya memang digunakan untuk mencegah serta membasmi hama pada tanaman. Selain itu, minyak ini mampu bertahan cukup lama sehingga aroma yang dihasilkan cenderung awet.

Cukup campurkan 1 sendok sabun cuci piring dengan 1 sendok minyak nimba serta tambahkan air sekitar 1 liter. Pastikan untuk tidak menyemprot campuran cairan ini di bawah sinar matahari langsung sebab, cairan tersebut mampu menangkap panas dan akan membuat tanaman kering. Jadi semprot di bawah tempat yang teduh.

3. Memanfaatkan Kerja Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner sering digunakan untuk membersihkan debu di ruangan. Jadi jika dianggap repot membuat bahan untuk menyemprot menggunakan sabun atau minyak nimba bisa memanfaatkan kerja alat ini. Kecepatan sedot alat ini berbeda-beda serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun untuk membasmi kutu putih disarankan di setting pada kecepatan yang paling rendah. Tujuannya agar tidak merusak tanaman. Lalu kutu putih yang telah terhisap di dalam mesin kemudian bisa dibersihkan. Tujuannya agar kutu beserta telurnya tidak muncul kembali.

4. Mencampurkan Pupuk Dengan Cacing Tanah

Metode lain sebagai pembasmi kutu putih pada tanaman adalah dengan mencampurkan cacing dengan pupuk. Caranya mudah, yakni tinggal campurkan pupuk dengan cacing lalu sebarkan di tanah dimana tanaman tumbuh. Melalui bantuan campuran ini, kutu putih akan enggan atau bahkan tidak akan datang.

5. Melakukan Pemangkasan Daun Dari Awal

Saat mengetahui gejala awal adanya kutu putih pada salah satu daun, jangan dibiarkan begitu saja. Ambil tindakan secepatnya dengan memotong daun yang telah dihinggapi si kutu putih. Hal ini bertujuan agar kutu tidak menjalar ke daun lainnya. mengapa? Sebab kembang-biak kutu putih ini sangat cepat. Bahkan satu induk saja bisa bertelur hingga 400 telur.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk pembasmi kutu putih pada tanaman. Selain melakukan penanganan lanjutan, lebih baik mencegah agar tidak dihinggapi hama satu ini. Salah satunya dengan tidak memberikan kandungan nitrogen terlalu tinggi, sebab hal ini bisa mengundang kutu putih untuk hinggap di daun. Cara di atas dianggap cukup efektif dan bisa dilakukan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *