membasmi siput kecil pada tanaman

Jangan Bingung! Inilah 7 Cara Membasmi Siput Kecil Pada Tanaman

6 views

Bercocok tanam adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Menanam, merawat kemudian menikmati hasil kebun merupakan kenikmatan yang tidak tergantikan. Namun apa jadinya jika ada hama pengganggu yang merusak seperti siput kecil. Lalu bagaimanakah cara membasmi siput kecil pada tanaman?

Siput merupakan salah satu jenis binatang yang kerap berkunjung ke pekarangan tanpa diundang. Kehadiran hewan kecil ini ternyata dapat merusak tanaman serta menghambat pertumbuhan tanaman. Inilah beberapa cara mengusir siput kecil menggunakan metode sederhana:

1. Menaburkan Garam

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika siput maupun keong sangat tidak suka garam. Inilah yang menjadi celah untuk membasmi siput kecil pada tanaman. Cukup taburkan garam pada area pekarangan atau di sekitar kebun.

Garam memiliki kandungan zat yang mampu membuat permukaan tubuh siput menjadi kering. Itulah sebabnya, jika pekarangan ditaburi garam. Maka siput tidak akan mau mendekat. Bisa langsung ditabur atau dicampur dengan air lalu disemprotkan ke sekitar kebun.

2. Menggunakan Kulit Pecahan Telur

Aneh tapi nyata, namun itulah reaksi alam yang terjadi. Siput kecil juga sangat risih jika ada pecahan telur di sekelilingnya. Maka manfaatkan bahan ini untuk mengusir binatang bercangkang yang satu ini. Hal ini, karena bentuk kulit telur yang runcing dan sedikit tajam, sehingga bisa melukai tubuh dalam siput.

3. Manfaatkan Bawang Putih

Membasmi siput kecil pada tanaman juga dapat memanfaatkan cairan yang terbuat dari bawang putih dan air. Bawang putih memang dipercaya ampuh mengusir berbagai jenis hama. Diantaranya semut, tikus, tongeret, cacing, ulat, kutu dan juga siput.

Cara membuat larutan ini sangat mudah, yakni tinggal tumbuk atau blender 5 bawang putih kemudian campur dengan 1 liter air. Lalu simpan dalam wadah dan semprotkan di sekitar tanaman ataupun pekarangan.

4. Menggunakan Ampas Kopi

Membasmi siput kecil dapat memanfaatkan bahan sederhana lainnya seperti halnya ampas kopi. Jika memiliki bahan sisa seperti ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama seperti halnya siput kecil.

Faktanya, siput tidak menyukai bau kopi dan otomatis tidak akan pernah mendekati pekarangan yang menyebarkan bau tersebut. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman dan tanah sekitar perkebunan.

5. Menggunakan Pasir

Bahan sederhana berikutnya yang dapat digunakan untuk mengusir siput adalah dengan pasir. Siput tidak nyaman berjalan di area pasir. Itulah sebabnya siput tidak akan ingin mendekat pada pekarangan yang memiliki tekstur berpasir. Pasir juga tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Jadi metode ini aman dan tidak akan merusak tanaman.

6. Gunakan Tembaga Untuk Mengusir Siput

Banyak penelitian menunjukkan jika siput tidak dapat berkompromi dengan tembaga. Jika dimungkinkan disarankan untuk membuat pagar dari tembaga agar siput tidak ingin mendekat. Mengapa? Sebab tembaga akan memberikan sengatan listrik ringan ketika tersentuh tubuh siput. Jadi siput sebisa mungkin tidak akan mendekati daerah yang terdapat kandungan tembaga.

7. Menanam Tanaman Yang Tidak Disukai Siput

Apa salahnya selain menanam bunga maupun tumbuhan kesayangan, juga menanam beberapa tanaman berguna namun tidak disukai siput. Seperti diantaranya bunga sepatu, rosemary, peterseli, daun mint, kemangi, azalea ataupun daylily. Dijamin siput tidak akan bisa mendekat karena aroma tumbuhan-tumbuhan tersebut.

Banyak bahan alami yang memiliki khasiat untuk membasmi siput kecil pada tanaman. Jangan biarkan tanaman kesayangan rusak oleh serangan hama pengganggu seperti siput. Bahkan tidak hanya siput, tapi juga hama lain seperti semut, tikus, kutu dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *