manfaat neem oil untuk tanaman

Manfaat Neem Oil Untuk Tanaman Rumah 

11 views

Neem oil atau nama lainnya yang sering dikenal yaitu minyak mimba memiliki banyak manfaat untuk tanaman. Selain tanaman, minyak mimba dapat digunakan untuk kecantikan juga karena tidak memiliki kandungan kimia. Ada banyak manfaat neem oil untuk tanaman yang berada di rumah maupun di perkebunan.

Untuk menemukan neem oil sangat mudah karena sudah tersedia di toko offline maupun online. Semua tanaman dapat menggunakan neem oil sebagai solusi dari penyakit tanaman. Langsung saja cek manfaat neem oil untuk tanaman rumahan yang sedang rusak, berikut ini:

1. Menghilangkan Hama

Ketika neem oil disemprotkan pada tanaman yang memiliki hama, maka secara perlahan hama tersebut akan hilang. Inilah manfaat pertama dari neem oil yang sangat dibutuhkan oleh pecinta tanaman. Tanaman yang sehat akan diincar oleh hama sebagai tempat hidupnya dengan memakan kandungan yang baik pada tanaman.

Minyak mimba ini tidak langsung membunuh para hama yang hidup pada tanaman rumahan atau perkebunan. Secara perlahan kandungan minyak mimba akan membuat hama tidak dapat bereproduksi sehingga berjalannya waktu akan mati sendiri.

2. Mengurangi Berbagai Jenis Serangga Tanaman

Neem oil memiliki kandungan anti pestisida yang membuat serangga, jamur, dan penyakit pada tanaman menjadi berkurang. Caranya cukup mudah hanya dengan menyemprotkan neem oil pada tanaman yang sudah dicampurkan oleh air. Serangga kecil dan besar dapat berhenti mendatangi tanaman rumahan.

Untuk membuat tanaman bersih dari serangga dan berbagai jamur serta penyakit tanaman maka gunakan neem oil secara terjadwal. Jangan terlalu banyak takaran neem oil karena hanya membuat rumah menjadi bau. Meskipun banyak neem oil yang digunakan, tidak membuat serangga langsung hilang karena minyak mimba ini membuat serangga menjadi lemah dan akan hilang sendiri.

3. Menghentikan Aktivitas Virus

Virus bukan hadir pada tubuh manusia namun juga pada tanaman yang dapat membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik. Salah satu manfaat neem oil untuk tanaman yaitu menghentikan virus yang ada pada tanaman. Jika virus disadari dengan cepat maka penggunaan neem oil akan memberikan dampak yang baik pada tanaman tersebut.

Aktivitas virus yang dihentikan yaitu ketika virus berkembang biak ke tanaman lainnya, membuat tanaman tidak segar, dan hancurnya daun pada tanaman. Menggunakan neem oil secara perlahan akan menghentikan virus yang sudah ada pada tanaman.

4. Memperbaiki Tanaman yang Rusak

Sudah pasti manfaat dari neem oil yaitu memperbaiki tanaman yang rusak ketika tanaman tersebut tumbuh baru. Tanaman yang sudah lama rusak akibat berbagai penyakit dan hama hanya dapat mengusir hama. Perbaikan tanaman yang dimaksud adalah ketika bibit tanaman tersebut tumbuh lagi maka tidak akan ada hama yang menyerang. Sehingga tanaman akan selalu sehat.

5. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Manfaat yang akan dirasakan oleh tanaman ketika sudah diberikan neem oil maka akan membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Hal ini dikarenakan tidak ada serangga dan penyakit yang berani mendekati tanaman. Jika hama tersebut datang pada tanaman yang telah diberi neem oil maka kehidupan hama tersebut hanya sebentar dan hilang.

Maka dari itu tanaman akan semakin cepat tumbuh dengan kelancaran proses pertumbuhan yang layak. Tanaman rumah sangat ditunggu-tunggu untuk tumbuh dengan cepat sehingga dapat mempercantik halaman rumah.

Itulah beberapa manfaat neem oil untuk tanaman rumahan maupun perkebunan yang bisa membuat tanaman menjadi lebih indah. Kemampuan dari kandungan yang ada pada neem oil ini sangat ampuh dalam menjaga tanaman. Neem oil memiliki bau yang menyengat sehingga tidak perlu memberikannya pada tanaman terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *