manfaat kunyit untuk tanaman cabe

Ini Manfaat Kunyit untuk Tanaman Cabe, Basmi Hama Seketika!

7 views

Curcuma Domestica atau yang biasa disebut dengan kunyit ialah jenis rempah yang mudah dijumpai di Indonesia. Salah satu rempah ini hampir tersedia di dapur para ibu, selain itu kunyit juga bisa bermanfaat untuk hal lainnya. Seperti pada tanaman cabe, manfaat kunyit untuk tanaman cabe dapat berfungsi menjadi pestisida yang terbuat dari bahan alami.

Terdapat banyak bahan alami yang dapat dijadikan pestisida untuk setiap tanaman, seperti tanaman cabe. Kunyit dipilih karena bisa didapatkan dengan mudah dan murah, serta baik untuk pertumbuhan tanaman. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kunyit untuk pertumbuhan tanaman cabe yang lebih baik, antara lain:

1. Sebagai Pestisida Alami

Pemberian pestisida bagi tanaman, tentu saja memiliki manfaat yang baik. Menjadi pembasmi hama yang sering menyerang tanaman, terutama tanaman cabe. Namun, penggunaan pestisida dari bahan kimia, tentu saja tidak terlalu baik bagi tanaman, terlebih jika pemakaian berlebihan.

Pestisida alami memang lebih baik untuk digunakan, karena bahan yang digunakan hampir semuanya terbuat dari tanaman juga. Kunyit menjadi salah satu bahan utama yang dapat dibuat sebagai pestisida yang alami.

2. Menjadi Pupuk Alami Tanaman Cabe

Kemudian manfaat kunyit untuk tanaman cabe ialah sebagai pupuk alami. Pupuk yang terbuat dari bahan yang dapat diperoleh di alam. Penggunaan kunyit sebagai bahan baku dari pembuatan pupuk alami pun diharapkan dapat membasmi hama yang dapat menyerang tanaman cabe.

Pupuk alami dari kunyit ini merupakan jenis pupuk padat, bisa dicampurkan dengan tanah sebagai media tanamnya. Bisa juga memakai limbah dari pembuatan jamu untuk mendapatkan sisa ampas dari kunyit, lalu campurkan dengan beberapa bahan lainnya. Bisa juga langsung ditaburkan di atas tanah yang terdapat tanaman cabe tersebut.

3. Sebagai Obati Daun Layu

Setelah dibuat menjadi pupuk alami, kunyit dapat membantu tanaman cabe yang memiliki daun layu menjadi segar kembali. Hal tersebut dapat terjadi karena nutrisi serta antioksidan yang dimiliki oleh kunyit.

Daun yang menjadi layu dapat disebabkan karena tingkat curah hujan yang tinggi, menjadikan daun tak tumbuh dengan baik. Dampak itu pun yang menyebabkan pertumbuhan jamur serta hama lainnya yang akan menjadikan pertumbuhan tanaman terhambat.

4. Mengobati Daun Keriting

Setelah dibuat menjadi pupuk alami, kunyit dapat membantu tanaman cabe yang memiliki daun keriting menjadi pulih kembali. Daun keriting pada tanaman cabe mampu disebabkan oleh berbagai hama yang menyerang. Hal tersebut juga kemungkinan disebabkan oleh tanaman yang tidak diberi pupuk atau bahan lainnya yang bisa menghambat hama.

5. Sebagai Indikator Alami

Selain menjadi obat alami bagi tanaman cabe, kunyit pun bisa dimanfaatkan sebagai indikator alami. Indikator alami ini dapat digunakan untuk mengukur pH tanah pada media yang akan ditanami tanaman apapun, termasuk tanaman cabe. Setiap tanaman memiliki pH ideal tersendiri untuk dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang ditanami.

Cukup amati perubahan warna yang terjadi pada kunyit yang digunakan. Apabila kunyit berubah warna memudar menjadi putih, maka pH tanah termasuk kategori asam, apabila warna tetap berarti pH tanah netral. Tetapi, jika warna kunyit berubah warna sedikit biru, maka pH tanah itu adalah basa.

Beragam manfaat kunyit untuk tanaman cabe tentu saja sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman yang baik. Hanya dengan satu bahan utama yang murah serta gampang diperoleh, menjadi solusi yang baik bagi para petani maupun masyarakat lainnya. Terlebih lagi, kunyit berasal dari alam, yang berarti memiliki sedikit dampak negatif bagi tanaman itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *