manfaat jerami padi untuk tanaman

Inilah Manfaat Jerami Padi untuk Tanaman yang Jarang Diketahui

17 views

Sebagian besar petani mengira jika jerami merupakan limbah yang harus dimusnahkan. Biasanya dengan cara dibakar atau hanya sebagai pakan ternak. Kurangnya pengetahuan menyebabkan banyak petani tidak mengerti manfaat jerami padi untuk tanaman. Padahal, manfaat dari bahan yang disebut limbah ini sangat beragam.

Salah satunya yakni dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Ada berbagai alasan para petani enggan melakukan pengolahan jerami. Disebabkan karena membutuhkan tenaga dan waktu. Apabila diamati, jerami hasil panen cukup banyak dan pantas jika para petani malas mengolahya. Sebagai pengetahuan, berikut beberapa cara pemanfaatan jerami padi, antara lain:

1. Sebagai Mulsa Tanaman

Saat dimanfaatkan sebagai mulsa tanaman, jerami padi sangat baik. Hal ini dikarenakan jerami sisa panen padi mampu menekan adanya gulma yang umumnya ada di lahan tanam. Terlebih saat bertanam pada musim kemarau seperti kala menanam mentimun, semangka, cabai dan lain sebagainya.

Selain itu dapat pula dimanfaatkan sebagai penghalang sinar matahari langsung. Penggunaan jerami untuk mulsa tanaman mampu mempertahankan air dalam tanah. Faktanya, jerami padi tidak hanya baik untuk tanaman palawija saja, namun juga baik untuk tanaman perkebunan, seperti: vanili, kopi, tembakau maupun cengkeh.

2. Jerami Sebagai Pupuk Kompos

Manfaat jerami padi untuk tanaman juga bisa dirasakan kala diolah menjadi kompos. Pembuatan jerami menjadi kompos sangat mudah, yakni jerami ditumpuk hingga setebal 50 cm, lalu ditaburi pupuk secukupnya. Guna mempercepat proses pelapukan, harus dibolak-balik lalu dibiarkan setidaknya hingga 15 hari.

Hasil pelapukan ini sangat baik bagi kesuburan tanah, mudah menyerap air serta struktur lahan menjadi gembur. Apabila ditabur merata pada tanaman juga akan lebih baik, sebab jerami yang telah diolah ini juga memiliki kandungan NPK yang baik bagi pertumbuhan serta produktivitas tanaman.

3. Sebagai Media Tanam Jamur

Konsumsi jamur merang cukup tinggi, tidak heran jika jenis usaha ini dikembangkan banyak orang. Manfaat jerami padi untuk tanaman juga dapat dirasakan oleh para petani jamur merang. Tidak sedikit yang memanfaatkan jerami sebagai media tanam. Selain efisien, pemanfaatan jerami padi juga mampu menekan biaya produksi.

4. Berfungsi Sebagai Media Tanam Ubi Jalar

Bagi tanaman ubi jalar memanfaatkan jerami padi adalah solusi tepat. Ubi akan tumbuh lebih besar dan produktivitas maksimal jika menggunakan media tanam jerami padi. Pengaplikasiannya juga sangat mudah, yakni dengan membuat bedengan jerami selebar 60 sampai 120 cm. Panjang bedeng disesuaikan dengan kondisi lahan.

Lalu bedengan tersebut ditutup dengan tanah setebal kurang lebih 5 cm diambil dari sela bedengan hingga menutupi seluruh bedengan. Kemudian tinggal ditanami ubi jalar di atasnya. Media tanam ubi jalar dengan jerami mampu menekan gulma, kualitas ubi jauh lebih baik, serta proses panen yang lebih mudah tanpa dicangkul.

5. Jerami Padi Mampu Menguatkan Bagian Tanaman

Di dalam jerami padi terkandung beragam zat yang baik bagi tanaman jika jerami tersebut tidak dibakar. Salah satunya adalah senyawa N dan C. Dimana kedua senyawa ini berfungsi sebagai unsur substrat metabolisme mikroba tanah. Kandungan lainnya juga termasuk pati, gula, cellulose pectin, lignin, protein serta lemak.

Ada banyak manfaat jerami padi untuk tanaman. Setelah mengetahui manfaatnya, diharapkan para petani lebih bijak dalam memanfaatkan penggunaan jerami selain dibakar atau dibuang percuma. Sebagai petani cerdas, seharusnya lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan barang limbah seperti halnya jerami padi sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *