jarak tanaman terong

Ketahui Idealnya Jarak Tanaman Terong Untuk Hasil Maksimal

1 views

Permintaan pasar akan sayur terong dinilai semakin meningkat. Selain cocok untuk segala macam olahan sayur, terong juga mudah dibudidayakan untuk olahan jus. Tidak heran jika banyak petani ingin banting setir menanam terong. Namun tidak jarang para petani juga merasa bingung mengenai jarak tanaman terong yang ideal.

Meskipun tanaman terong cukup mudah dibudidayakan, namun dengan mengetahui jarak tanam yang baik akan memaksimalkan produksi petani. Bagi para pemula yang ingin belajar menanam terong, alangkah baiknya jika memperhatikan jarak tanam seperti pada uraian di bawah ini:

1. Jarak Tanam Terong Ungu

Lahan sebagai budidaya terong harus dicangkul atau dibajak setidaknya hingga kedalaman 30 cm. Bersihkan terlebih dahulu dari kerikil lalu buat bedengan selebar 1 meter dengan tinggi sekitar 30 cm. Sebenarnya lebar serta tinggi dapat disesuaikan namun idealnya adalah ukuran ini.

Buat lubang tanam berbaris, satu bedengan umumnya sebanyak dua baris. Jarak tanaman terong ungu yakni sekitar 60 cm antar lubang dan 70 cm jarak antar baris. Tanaman terong umumnya tidak tahan dengan area kering, jadi siram terlebih dahulu sebelum bibit dipindahkan.

2. Jarak Tanam Terong Belanda

Terong belanda merupakan jenis terong yang mulai dibudidayakan di Bogor tahun 1941 silam. Terong ini cenderung memiliki perdu rapuh yang hanya memiliki tinggi sekitar 2-3 meter atau kurang dari 8 meter. Mempunyai pangkal batang pendek dan percabangan lebat. Bentuknya bulat telur menyerupai jantung.

Sebelum melakukan penanaman bibit, terlebih dahulu tanah harus diolah dengan pembuatan lubang dengan kedalaman sekitar 25 sampai 30 cm. Adapun jarak tanam terong belanda idealnya adalah 1,5 sampai 2 meter. Lubang tanam kemudian diisi dengan pupuk kandang ataupun pupuk buatan.

3. Jarak Tanam Terong Medan (Terong Telunjuk)

Sekilas tentu sudah ada gambaran mengapa terong ini disebut terong telunjuk. Ya, karena bentuk terong ini panjang dan lancip menyerupai telunjuk. Kombinasi warna umumnya adalah hijau dan putih dengan panjang rata-rata 10 cm. Tanaman ini berasal dari India namun juga dapat hidup di semua daerah yang memiliki iklim tropis.

Tinggi dan lebar bedengan dapat disesuaikan dengan lahan masing-masing namun untuk jarak tanaman terong telunjuk idealnya yakni sekitar 50 cm. Jarak tanam yang terlalu rapat memang dapat dimanfaatkan untuk kuantitas tanaman banyak. Namun tingkat pertumbuhan tidak akan mampu optimal, sehingga penanam perlu bijak mempertimbangkan jarak terong dengan kuantitas tanaman.

4. Jarak Penanaman Terong Bulat

Terdapat berbagai jenis terong. Tidak hanya yang berbentuk lonjong, namun juga ada jenis terong bulat. Terong jenis ini umumnya dibuat sebagai lalapan sambal atau bisa juga dimasak sayur santan. Ada dua jenis terong yang biasanya dikonsumsi. Yakni terong bulat hijau dan terong gelatik ungu. Untuk jarak tanam idealnya yakni sekitar 60 hingga 70 cm. Jarak tanam yang terlalu dekat atau tidak terlalu renggang, diharapkan petani dapat menuai hasil yang maksimal.

5. Jarak Tanaman Untuk Terong Putih

Sekilas terong putih memiliki bentuk sama dengan terong ungu. Hanya warnanya yang berbeda yakni putih mengkilat. Terong ini disebut juga terong kania. Teksturnya lebih renyah dan kerap dijadikan manisan. Bicara mengenai jarak tanam, sebenarnya tidak jauh berbeda yakni sekitar 60 – 70 cm. Untuk hasil melimpah, penyiraman serta pemupukan harus tetap diperhatikan.

Terong masih menjadi sayur favorit para ibu rumah tangga. Selain memperhatikan mengenai pemilihan bibit dan perawatan tanaman, jarak tanaman terong juga menjadi perhatian khusus. Itulah rangkuman yang bisa diulas kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *