jarak tanaman pinang

Jarak Tanaman Pinang yang Ideal untuk Budidaya

22 views

Pohon pinang atau yang bernama latin Areca catechu sudah banyak dibudidayakan karena memiliki nilai komoditas yang cukup tinggi. Keberhasilan budidaya pinang dipengaruhi oleh proses penanaman yang meliputi jarak tanaman pinang dan juga perawatan pohon pinang. Pinang akan tumbuh dan berbuah dengan baik jika perawatannya tepat dan benar.

Jarak antar pohon pinang akan berpengaruh terhadap suplai sinar matahari yang diterima pohon pinang. Luas lahan juga bisa menjadi acuan dalam penentuan jarak tanam. Pola budidaya juga harus diperhatikan agar pohon pinang dapat menghasilkan buah yang maksimal. Berikut beberapa jarak tanam yang bisa diterapkan dalam budidaya pinang:

1. Jarak 2,5 x 2,5 Meter

Jarak 2,5 x 2,5 meter dapat diterapkan jika lahan yang dimiliki tidak cukup luas dan ingin menanam pohon pinang dalam jumlah banyak. Ukuran ini termasuk dalam jarak tanaman pinang paling kecil. Pohon pinang tidak boleh berjarak dibawah 2,5 x 2,5 meter karena akan mengganggu suplai sinar matahari dan juga suplai nutrisi.

2. Jarak 2,75 x 2,75 Meter

Jarak yang cukup ideal untuk lahan yang sempit yaitu 2,75 x 2,75 meter meskipun jarak ini masih kurang optimal untuk pertumbuhan pinang. Daun antar pohon pinang dewasa masih cukup rapat pada jarak 2,75 meter. Pohon pinang juga terlihat sangat dekat terutama jika dilihat dari jarak jauh.

Pembudidaya banyak yang menggunakan jarak ini untuk menghemat penggunaan lahan terutama jika pola yang digunakan pola monokultur. Budidaya pola monokultur adalah budidaya satu jenis tanaman yang sama dalam satu lahan. Pembudidaya harus lebih memperhatikan gulma yang tumbuh dibawah tegakan karena kondisinya yang teduh agar tidak mengganggu pinang.

3. Jarak 3 x 3 Meter

Jarak ini bisa dikatakan cukup ideal karena daun antar pohon dewasa tidak bertabrakan. Sinar matahari bisa menembus sampai bawah dan membantu pertumbuhan pohon pinang. Jarak ini bisa diterapkan pada beberapa varietas pinang, tetapi tidak bisa digunakan pada budidaya pinang betara.

Pinang varietas betara memiliki daun yang lebih lebat sehingga membutuhkan jarak tanam yang lebih luas agar pertumbuhannya optimal. Buah dari pinang ini sangat lebat dan menjadi varietas unggul. Budidaya pinang betara membutuhkan lahan yang lebih luas dan jarak tanam yang memadai agar hasil yang didapatkan optimal.

4. Jarak 3,5 x 3,5 meter.

Jarak ini adalah jarak yang sangat optimal untuk budidaya pinang. Semua varietas pinang dapat tumbuh baik pada jarak tanam ini. Sinar matahari mampu menyinari pohon pinang hampir dari semua sisi. Jarak ini hanya optimal pada pola budidaya monokultur dan masih kurang jika untuk pola budidaya tumpang sari.

5. Jarak 4 x 4 meter

Jarak tanam ini sangat cocok diterapkan jika pembudidaya ingin membudidayakan pinangnya dengan pola tumpang sari. Pola tumpang sari akan meningkatkan potensi lahan karena umumnya pinang baru dapat di panen pada usia 5 tahun. Sinar matahari sangat mencukupi baik untuk pertumbuhan pinang maupun tanaman yang ada dibawah tegakan.

Tanaman tumpang sari yang dapat ditanam dibawah pinang yaitu jagung dan kacang-kacangan. Pembudidaya akan mendapatkan manfaat ganda dari pola penanaman ini. Beberapa pembudidaya bahkan menggunakan pohon kelapa sebagai tanaman tumpang sari dengan pinang. Tumpang sari dengan pohon kelapa tentu membutuhkan jarak tanam yang lebih luas.

Pertumbuhan tanaman pinang dipengaruhi oleh jarak antar tanaman. Pengurangan jarak tanaman pinang bisa dilakukan jika memang lahan yang dimiliki tidak cukup luas asal masih dalam ukuran yang dapat ditoleransi. Pohon yang terlalu rapat akan membuat pertumbuhan pinang menjadi terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *