cara menetralkan ph tanah secara alami

Ampuh! Inilah Cara Menetralkan PH Tanah Secara Alami

8 views

Tanah merupakan faktor terpenting bagi pertumbuhan tanaman. Tanah dapat dikatakan subur setidaknya harus mengandung mineral 40% sampai 50%, organic 5%, air 20-30% lalu sisanya adalah bakteri serta mikroorganisme. Cara menetralkan ph tanah secara alami dapat membantu menyuburkan tanaman dalam kondisi tanah asam ataupun basa.

Cara Menetralkan PH Pada Lahan Tanah Asam

Tanah dapat dikatakan bersifat asam, jika tanah tersebut memiliki tingkat keasaman atau bisa setidaknya mengandung ph kurang dari 6,5. Oleh karenanya cara menetralkan tanah asam adalah dengan menaikkan ph agar lahan menjadi netral. Adapun cara menetralkan ph tanah secara alami adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Bubuk Kapur

Ph pada tanah asam dapat dinetralkan dengan menambahkan bahan tertentu yang memiliki sifat basa. Salah satu contohnya yakni bubuk kapur. Umumnya kapur yang digunakan untuk menetralkan ph tanah yang terbagi menjadi beberapa bentuk.

Mulai dari butiran, kristal, bubuk dan pelet. Setiap bentuk memiliki fungsi berbeda. Contohnya saja untuk yang berbentuk kristal sangat cepat menetralkan tanah dengan keasaman tinggi. Sedangkan untuk jenis bentuk lain lebih mudah diaplikasikan namun, tidak begitu efektif dalam meningkatkan ph tanah.

2. Memakai Serbuk Kayu

Selain kapur, serbuk kayu juga dapat dimanfaatkan untuk menetralkan ph tanah asam. Serbuk kayu mengandung potasium yang bermanfaat bagi tanaman guna menghasilkan buah. Namun harus dicatat, bahwa penggunaan serbuk kayu tidak boleh dilakukan bersamaan dengan pupuk urea. Mengapa? Sebab kedua zat tersebut akan melahirkan gas ammonia.

3. Melakukan Penetralan Tanah Asam dengan Abu Kayu

Abu kayu dari sisa pembakaran mampu menetralkan ph tanah dengan efektif. Namun fungsinya tidak seefektif penggunaan kapur. Abu kayu mengandung zat fosfat, potassium, boron serta kalsium bagi tanah. Bahan-bahan inilah yang mampu menambahkan mikronutrien. Untuk penggunaannya sebaiknya tidak mengenai tanaman maupun bibit tanam langsung.

Menetralkan PH Pada Tanah Basa Secara Alami

Selain kondisi tanah asam, ada juga kondisi tanah yang basa. Berbanding terbalik dengan kondisi pada tanah asam, tanah basa memiliki kandungan ph yang lebih tinggi yakni di atas 6,5. Itulah sebabnya, untuk menetralkan lahan basa perlu menurunkan tingkat keasamannya. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menetralkan tanah basa adalah sebagai berikut:

1. Memakai Bubuk Kompos

Pupuk kandang atau kompos ampuh dalam menurunkan ph tanah. Kedua bahan ini memiliki sifat asam. Jadi tidak heran jika banyak petani memanfaatkan penggunaan kompos untuk perkebunan organic. Selain menetralkan ph tanah, material organic yang terkandung mampu memperbaiki sistem aerasi serta drainase dalam tanah.

2. Menggunakan Ampas Teh atau Kopi

Ampas dari kedua bahan ini, mampu menurunkan tingkat keasaman meskipun tidak terlalu signifikan. Oleh karenanya perlu penggunaan yang lebih teratur untuk mendapatkan hasil optimal. Ampas dari kopi ataupun teh mengandung nutrisi yang dibutuhkan bagi tanaman. Seperti halnya fosfor, potassium serta nitrogen.

3. Memberikan Sulfur atau Bubuk Belerang

Dalam upaya untuk cara menetralkan ph tanah secara alami, dapat juga memanfaatkan kandungan zat yang ada dalam belerang atupun sulfur. Namun perlu beberapa hal yang harus diperhatikan dan mempengaruhi keefektifan penggunaan belerang. Seperti halnya suhu, kelembaban serta bakteri pengurai. Jadi, penggunaan bahan ini membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menetralkan ph tanah basa.

Demikian beberapa cara menetralkan ph tanah secara alami. Setiap daerah memiliki kecenderungan tanah masing-masing. Kondisi serta kandungan dari setiap tanah itu berbeda. Oleh karenanya, perlu pemeriksaan yang efektif agar mengetahui kandungan ph setiap lahan untuk kemudian dilakukan penetralan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *