cara budidaya melon

Cara Budidaya Melon Hidroponik Paling Mudah

3 views

Buah melon adalah salah satu buah yang enak disantap dan kaya akan vitamin A. Selain itu buah melon juga cukup mudah untuk dibudidaya. Salah satu cara budidaya buah paling mudah ialah hidroponik. Dengan hidroponik, proses menanam tidak memerlukan tanah dan tidak perlu disiram terus menerus. Berikut ini langkah-langkah cara budidaya melon hidroponik yang perlu diketahui :

1. Persiapan Tempat, Alat dan Bahan

Sebelum proses penanaman, harus mempersiapkan dulu tempat, alat dan bahan untuk menanam buah melon. Tempat yang ideal untuk menanam buah melon ialah tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Buah melon harus terkena sinar matahari minimal 6 jam satu hari. Setelah menyiapkan lokasi penanaman, segera siapkan alat dan bahan.

Siapkan bibit melon, polybag diameter 30cm, arang, dan nutrisi hidroponik melon. Cara budidaya melon hidroponik ini membutuhkan sistem fertigasi. Alat dan bahan untuk proses fertigasi ialah tandon, selang, selang pembagi, pompa air, stick fertigasi, selang fertigasi dan nepple.

2. Lakukan Fertigasi

Selanjutnya ialah proses fertigasi. Fertigasi merupakan salah satu metode dari metode hidroponik. Fertigasi adalah cara pemberian pupuk melalui sistem irigasi dengan melarutkan dan mendistribusikan pupuk menggunakan air. Sistem fertigasi ini cocok untuk menanam melon karena buah melon membutuhkan penyangga saat proses penanaman.

Langkah-langkah proses fertigasi ialah sebagai berikut :

  • Susun polybag secara memanjang.
  • Siapkan tandon yang berisi larutan nutrisi hidroponik di tempat yang teduh.
  • Siapkan selang pembagi ditengah-tengah polybag dan sambungkan selang utama yang telah dihubungkan dengan tandon.
  • Hubungkan pompa dengan selang utama dan siapkan timer.
  • Pada ujung selang fertigasi, masukkan stik fertigasi.
  • Gunakan nipple untuk menghubungkan selang fertigasi dan selang pembagi.
  • Tancapkan stik fertigasi ke polybag.

3. Menyemai Bibit Melon

Setelah proses fertigasi, selanjutnya adalah menyemai bibit melon. Caranya ialah siapkan air hangat dan rendam bibit melon selama dua jam. Supaya bibit berkecambah ialah dengan menambah irisan bawang merah pada air. Setelah direndam, tiriskan bibit dan bungkus benih dengan tisu dan ikat erat didalam kantong plastik.

Diamkan bibit di tempat yang hangat selama dua hari, setelah dua hari bibit akan berkecambah. Pindahkan bibit tersebut ke polybag atau nampan untuk menyemai yang telah diisi dengan arang sekam. Letakkan bibit di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari, sesekali siram dengan larutan nutrisi hidroponik (400 ppm). Tanam hingga tujuh sampai sepuluh hari.

4. Menanam Melon

Setelah proses menyemai bibit sudah selesai, saatnya menanam bibit melon tersebut. Letakkan satu bibit di satu polybag. Setelah semua bibit sudah diletakkan di polybag, siram dan beri larutan nutrisi hidroponik (400-500 ppm). Di keesokkan harinya proses penyiraman dan pemberian larutan nutrisi hidroponik bisa dilakukan dengan sistem fertigasi yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Melakukan Perawatan Tanaman Hidroponik

Buah melon harus rutin diberi larutan nutrisi hidroponik, setiap hari harus diberikan 600 ml. Dengan proses fertigasi, cukup set timer agar hidup dan mati sebanyak 5 kali sehari pemberian larutan nutrisi. Setiap 1 hari dalam 1 minggu, melon tidak perlu diberi larutan nutrisi dan cukup disiram dengan air.

Jika hujan, maka pemberian larutan nutrisi harus semakin banyak. Jika panas, siram air sebanyak 300-500 ml. Untuk menjaga tanaman, ikat batang melon dengan ajir. Selain itu pH pada melon harus selalu dicek agar pH tanaman tetap stabil. Selalu pangkas cabang pada batang melon yang mengganggu. Setelah ditanam selama 50 hari hingga 2 bulan, maka tanaman melon sudah siap panen.

Itulah cara budidaya melon hidroponik yang mudah untuk dipraktekkan. Jika hasil buah melon bagus, bisa dijadikan bisnis sampingan untuk menjual melon. Intinya budidaya melon tidak terlalu sulit, asalkan perawatan tanaman sudah tepat dan pemberian larutan nutrisi sudah tepat, maka buah melon pasti akan siap panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *