cara budidaya kaktus

5 Langkah Mudah Cara Budidaya Kaktus Berbunga Cantik

7 views

Tertarik untuk budidaya kaktus? Lantas bagaimana cara budidaya kaktus? Menurut penelitian, kaktus memiliki kemampuan untuk mengurangi efek radiasi. Selain itu, setiap malam pun kaktus menghasilkan oksigen dan mampu membersihkan bakteri di udara. Sudah tidak sabar? Simak ulasan ini:

1. Siapkan Bibit Kaktus

Persiapan pertama untuk memulai cara budidaya kaktus yakni dengan mempersiapkan bibitnya. Bibit kaktus biasanya tersedia di toko-toko penjual bunga atau toko penjual bibit tanaman. Dalam pemilihan bibit, usahakan membeli bibit yang berkualitas.

Untuk mengetahui sebuah bibit berkualitas atau tidak, ciri-cirinya adalah kaktus yang batangnya sehat dan tidak memar. Juga memiliki duri yang sempurna dan arah tubuhnya yang tegak lurus. Pada proses selanjutnya, jika ingin mencoba membuat bibit sendiri, kaktus bisa dikembangbiakkan dengan generatif maupun vegetatif.

Model pengembiakan generatif ini relatif lama dan membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Sedangkan model vegetatif bisa dilakukan dengan stek batang, cara ini terbilang cepat dan ampuh untuk pembibitan.

2. Siapkan Wadah

Sebelum menanamnya, siapkan wadah terlebih dahulu. Pastikan wadahnya ini sesuai dengan ukuran bibit kaktus. Kira-kira yang pas untuk ditempati kaktus yakni wadah yang berukuran dua kali ukurannya. Pot yang dipakai haruslah memiliki lubang drainase. Ini diharuskan karena air bekas siraman yang menggenang bisa membuat kaktus lebih cepat membusuk alih-alih tumbuh subur.

Kaktus butuh ruang yang cukup longgar untuk hidup dan tumbuh, maka pastikan tidak menggunakan wadah yang terlalu kecil. Ketika kaktus telah tumbuh dan perkembangannya pesat, bisa diganti dengan wadah yang baru dan lebih besar setiap 6 bulannya.

3. Siapkan Media dan Tanam

Sesuai karakternya, kaktus hidup di daerah gurun kering dan hanya membutuhkan sedikit air. Maka, untuk menanamnya perlu dipersiapkan media yang kering. Penanam bisa menggunakan banyak jenis media tanam seperti arang sekam, pasir dan pupuk kompos. Media-media tadi bisa digunakan sekaligus dengan perbandingan ukuran yang sama.

Ingat, untuk tidak menggunakan media tanam yang bersifat lembab. Jenis media tanam yang lembab itu seperti tanah liat dan tanah merah. Tanaman kaktus akan cepat membusuk jika ditanam di media tanam yang seperti itu.

Ketika akan menanam kaktus, buatlah lubang menggunakan jari atau sendok untuk tempat kaktus. Kemudian isi dengan media tanam yang sudah dipilih. Bisa juga menambahkan kerikil dipaling atas media tanam supaya kaktus menjadi lebih cantik.

4. Perawatan Kaktus

Karena kaktus adalah tanaman yang kering dan minim membutuhkan air, proses penyiraman bisa disesuaikan dengan kondisi kekeringan media tanam. Untuk normalnya penyiraman bisa dilakukan setiap satu minggu ketika masa musim hujan. Tambahkan pula vitamin B1, bisa pula larutan penyubur tanaman ketika menyiram.

Usahakan untuk tidak menaruh kaktus di tempat yang akan terkena sinar matahari langsung. Apabila kaktus diletakkan di dalam ruangan, perlu sesekali menjemurnya, tetapi jangan terkena sinar langsung. Apabila terdapat hama pada kaktus, bisa dilakukan pemyemprotan insektisida. Untuk dapat berbunga dengan indah, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun sejak penyemaian.

5. Lakukan Pemupukan

Dalam memberikan pupuk pada kaktus bisa dijadwalkan sebulan satu kali. Apabila tidak sabar menunggu kaktus untuk berbunga, bisa melakukan pemupukan selama 2 minggu sekali. Pupuk yang digunakan yakni yang tinggi kalium dan memiliki kandungan fosfor. Lakukan pemupukan sesuai dengan aturannya.

Jika pemupukan dilakukan secara rutin dan kaktus terhindar dari hama dan penyakit, bunganya akan mulai bermunculan sebulan kemudian. Selain itu, bisa juga melakukan cara penerapan stress air untuk merangsang pembungaan kaktus. Cara melakukannya yakni dengan tidak menyirami tanaman selama beberapa waktu.

Cara budidaya kaktus terbilang mudah, bukan? Apalagi mengingat banyaknya manfaat yang didapat dari tumbuhan berduri itu. Memang dibutuhkan perawatan yang rutin dan serius untuk menikmati indah bunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *