cara budidaya anggur agar cepat berbuah

6 Cara Budidaya Anggur Agar Cepat Berbuah

11 views

Buah anggur sangat populer di indonesia. Permintaan dari masyarakat terhadap buah ini sangat tinggi. Oleh sebab itu anggur menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ada beberapa cara budidaya anggur agar cepat berbuah yang bisa diterapkan oleh pemula.

Seperti yang diketahui sebelumnya menanam anggur bukan suatu hal yang sulit. Hal ini karena anggur memiliki masa tanam yang tergolong cepat. Perawatannya pun tidak terlalu sulit dan sangat mudah sekali. Selain itu anggur tidak memerlukan tempat yang luas untuk membudidayakannya. Berikut ini adalah cara budidaya anggur yang bisa diterapkan:

1. Memilih Bibit Unggul

Memilih bibit yang berkualitas menjadi aspek penting karena bisa berpengaruh terhadap hasil panen. Ada dua cara memilih bibit unggul yaitu dengan mencangkok dan menggunakan biji. Hasil yang diciptakan dari mencangkok umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan biji. Untuk cara memilihnya pastikan batang anggur tersebut tegak dan tidak berpenyakitan. Selain itu pastikan juga batang tersebut berbentuk bundar dengan panjang tidak lebih dari 30 cm. Hal ini berguna untuk membuat anggur cepat berbuah.

2. Mempersiapkan Media Semai 

Mempersiapkan media semai yang baik  akan membuat tanaman menjadi lebih cepat berbuah. Untuk caranya sendiri pengguna bisa menambahkan tanah gambut di dalam medianya. Kemudian semprotkan cairan di atasnya. Hal ini akan membuat bibit akan semakin cepat untuk tumbuh.

3. Mempersiapkan Tempat Menanam 

Yang perlu dilakukan pada langkah ini adalah memeriksa tanah apakah sudah sesuai kriteria atau tidak. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kesuburannya. Setelah dipilih kemudian cangkul  tanah tersebut untuk membuat tempat budidayanya. Pastikan tempat menanamnya banyak terkena sinar matahari. Agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Melakukan Penanaman Bibit ke Lahan Besar

Penanaman bibit yang tepat menjadi salah satu cara budidaya anggur agar cepat berbuah. Hal ini penting untuk mengetahui hasil yang didapatkan. Biasanya waktu menanam anggur yang baik itu sekitar bulan April – Juni karena pada bulan tersebut terjadi musim hujan.

Penanaman di waktu yang tepat dapat berguna untuk mendapatkan hasil yang cepat. Ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam bibit anggur yaitu memberikan naungan sementara. Hal ini berguna untuk membuat tanaman terhindar dari stres. 

5. Melakukan Perawatan Secara Intensif

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu untuk melakukan perawatan secara intensif dan rutin. Yaitu dengan memberikan pengairan yang cukup, melakukan pemangkasan tanaman, dan pembuatan rambatan. Pengairan yang cukup akan membuat buah anggur menjadi semakin terpenuhi nutrisinya.

Usahakan untuk menyiram 1-2 kali sehari. Pemangkasan juga berguna agar ranting tidak banyak sehingga nutrisinya akan fokus kepada buahnya saja. Sedangkan perambatan akan membuat tanaman tumbuh menjadi lebih optimal.

6. Memberi Pupuk Secara Teratur

Pemberian pupuk secara teratur akan membuat tanaman anggur menjadi cepat berbuah. Hal ini karena nutrisi berupa unsur hara tercukupi dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah pemakaian pupuknya. Usahakan gunakan pupuk organik yang mengandung unsur makro.

Hal ini akan membuat tanaman mendapat unsur hara yang cukup. Pupuk organik sangat berguna untuk menguraikan tanah dan mempercepat proses pertumbuhan tanaman serta mencegah penyakit yang akan menyerang.

Berikut tadi cara budidaya anggur agar cepat berbuah. Merawat anggur secara efektif akan memberikan hasil yang signifikan. Dalam merawat tanaman ada hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bibit, penyiraman, pemberian pupuk serta media yang akan digunakan. Hal ini berguna untuk memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *