budidaya tanaman aquascape

Cara Budidaya Tanaman Aquascape Jenis Java Moss

6 views

Aquascape merupakan hobi kekinian yang tengah digandrungi banyak orang. Dalam dunia aquascape, setiap orang bebas mengkreasikan dunia bawah air menggunakan batu, kayu atau jenis tumbuhan hias. Salah satu tumbuhan yang sering digunakan dalam aquascape adalah Java Moss. Berikut ini adalah cara budidaya tanaman aquascape jenis Java Moss, antara lain:

1. Sesuaikan Ukuran Akuarium

Java Moss dapat tumbuh di hampir semua ukuran tangki, meskipun 5 galon atau lebih direkomendasikan karena kemampuannya untuk mengambil banyak ruang. Tangki kurang dari 5 galon dapat dibanjiri dengan Java Moss. 

Tanaman ini tumbuh ke luar dan ke atas, sehingga memberikan perlindungan yang bagus untuk hewan peliharaan akuarium yang pemalu atau kecil. Lalu menciptakan cakupan yang bagus untuk bagian bawah tangki atau dekorasi.

Tanaman jenis Java Moss secara teknis mencapai lebar sekitar 4 inci, penting untuk diketahui bahwa tanaman ini berkembang biak dengan sangat mudah. Jika pengguna membeli Java Moss seukuran bola golf, pengguna bisa memotongnya menjadi beberapa bagian dan jangan gunakan semuanya jika tidak mau akuarium menjadi terlalu sesak.

2. Jaga Kualitas Air

Java Moss bukanlah jenis tanaman pilih-pilih yang membuatnya sangat mudah dirawat. Dengan begini, kualitas air mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Meskipun tanaman ini mungkin dapat bertahan hidup dalam kondisi yang kurang optimal, pertumbuhan dan kesehatan lumut dapat ditingkatkan secara drastis ketika semuanya dalam kondisi prima.

Lumut ini secara alami tumbuh dengan baik di air dengan arus sedang. Tidak terlalu kuat, tidak terlalu lemah. Java Moss dapat dengan senang hati tumbuh di suhu air antara 15°C-30°C, tetapi bisa tumbuh subur dalam kisaran 21°C-24°C. Air harus memiliki keasaman yang lembut, dengan pH antara lima dan delapan.

3. Cek Intensitas Cahaya Supaya Cukup

Intensitas cahaya tidak terlalu berpengaruh dalam budidaya tanaman aquascape jenis Java Moss ini. Tapi, kekuatan cahaya bisa mempengaruhi cara dan arah tumbuhnya. Java Moss yang tumbuh dalam pencahayaan tinggi akan menampilkan daun yang lebat dan warna yang lebih cerah. Sedangkan tanaman Java yang tumbuh dalam pencahayaan yang lebih gelap akan meniru dengan pewarnaan gelap dan pertumbuhan yang jarang.

4.  Perbanyak Jumlah Tanaman

Mengingat kondisi yang tepat, hanya dengan mematahkan sepotong dan menempelkannya di tempat lain sudah cukup untuk mendapatkan tanaman baru. Divisi akan mulai tumbuh hanya dalam beberapa hari setelah terpasang dengan benar. Perbanyakan melalui divisi sangat berguna jika tinggal di tempat di mana tanaman tidak tersedia sehingga cenderung menjadi cukup mahal.

Untuk budidaya terbaik Java Moss, berikan cahaya yang tepat, serta CO2 dan dosis pupuk dianjurkan. Jika tanaman tumbuh terlalu cepat dan memenuhi tangki, cukup pangkas bagian yang menyebar. Jika memiliki akuarium tambahan, tanaman ini bisa bertumbuh lebih banyak dan bisa dijual kembali.

5. Periksa Tanaman Supaya Tetap Hidup

Jika tidak dirawat dengan seksama, Java Moss juga bisa mati. Filter yang tersumbat akibat rambatan lumut bisa menjadi penyebabnya. Masalah sebenarnya yang dihadapi Java Moss adalah pertumbuhan alga. 

Alga tumbuh dengan cepat di bawah cahaya yang berlebihan dan kondisi air yang buruk. Jika ganggang mulai tumbuh di lumut, sangat sulit untuk menghilangkannya dan biasanya solusi terbaik adalah membuang Java Moss dan mulai lagi dari awal.

Demikian tadi cara budidaya tanaman aquascape jenis Java Moss yang mungkin bisa membantu. Dengan adanya penjelasan ini, para penggemar aquascape tidak perlu bingung lagi dalam menentukan langkah perawatan tanaman Java Moss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *