budidaya talas beneng

Ingin Budidaya Talas Beneng? Simak Langkahnya Berikut Ini!

32 views

Pandemi memang memberikan dampak yang sangat signifikan dalam berbagai sektor. Salah satu dampak yang paling dirasakan yaitu di ranah ekonomi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan memulai untuk berwirausaha salah satunya dengan budidaya talas beneng. Saat ini tidak sedikit orang yang melirik usaha ini untuk ditekuni karena manfaatnya yang terbilang besar.

Dengan mengetahui bagaimana langkah serta cara untuk memulai berwirausaha ini, tentu akan menjadikan gambaran atau arahan bagi calon pelaku bisnis. Nah, untuk lebih lanjut akan metode atau cara budidaya jenis talas beneng ini, simak ulasannya berikut!

1. Mempersiapkan Media Tanah

Perlu diketahui bahwa tanaman talas ini sangat bagus dibudidayakan pada media tanam yang gembur sehingga memiliki kandungan zat organik serta pengairan yang lebih baik. Hal ini menjadikan alasan mengapa sebelum melakukan penanaman, alangkah lebih baik untuk menyiapkan media yang hendak digunakan terlebih dahulu.

Untuk mempersiapkan tanah setidaknya dilakukan dalam waktu 2 minggu sebelumnya. Agar persiapan bisa matang. Untuk jenis tanah sendiri yang bisa digunakan seperti halnya lempung, lembek dengan unsur hara yang tinggi. Pastikan sebelum melakukan pengolahan, tanah bisa dihamburkan agar nantinya hasilnya bisa maksimal.

2. Mengelola Media  Tanam

Nah, setelah tanah telah disiapkan, saatnya untuk menyiapkan media tanah yang hendak digunakan. Pastikan untuk mencabuti dan juga menghilangkan apabila terdapat rumput liar yang berada disekitar media tanam. Cangkullah tanah hingga memiliki kedalaman antara 20 hingga 30 cm. Buatlah bedengan dengan lebar antara 1,2 meter disesuaikan dengan kondisi lahan masing-masing.

Ketika hendak membuat lubang tanam, alangkah lebih baik dengan ukuran 30x30x30 cm dengan jarak tanam sekitar 75 cm. Ketika penanaman dilakukan di tanah yang bergambut, pastikan untuk melakukan pengapuran dengan komposisi kurang dari 5,0.

3. Pembibitan Talas

Hingga saat ini memang pada dasarnya talas masih memiliki varietas yang tidak banyak. Untuk bisa memperbanyak pembibitan ini, dilakukan dengan cara vegetatif. Untuk bibit tanaman talas ini diperoleh dengan menggunakan tunas yang diperoleh melalui batang samping tanaman talas.

Jika hendak mengambil anakan, pastikan merupakan anakan kedua atau bahkan ketiga dari penanaman. Umur yang disarankan untuk dijadikan penanaman yaitu antara 5 hingga 7 bulan. Ketika hendak menyemai, siapkan umbi yang sehat dan juga memiliki mata tunas. Dari mata tunas tersebut diberikan taburan abu sedikit dan dimasukkan dalam polybag.  Pastikan mata tunas tersebut menghadap ke atas dan setelah memiliki tinggi kisaran 5 cm, bisa dipindah ke lahan.

4. Pemupukan Awal Tanah

Untuk melakukan budidaya talas beneng ini, bisa dengan melakukan pemupukan awal dengan campuran beberapa pupuk seperti organik, buatan (NPK, Urea, ZA, KCL, dan TSP). Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan dari nutrisi makro dan juga mikro nantinya.

Untuk komposisi yang dibuat yaitu 2 tsp yang dicampurkan dengan pupuk organik atau kandang 2 kepal tangan. Untuk perkiraan berat antara 1-3 kg per lubangnya. Bagi yang hendak melakukan budidaya dengan skala besar, pupuk yang digunakan antara 1-3 ton per hektar. Setelah dilakukan pemupukan, biarkan sinar matahari menyinarinya.

5. Penanaman

Setelah semuanya siap, saatnya untuk melakukan penanaman bibit yang telah disemai dan mencapai ukuran yang telah ditentukan. Pastikan jarak ketika hendak menanam diperhatikan yaitu antara 70 x 70 cm antara jarak tanam dengan lubang yang ada. Ketika ditanami saat musim kemarau, bisa dengan jarak yang lebih rapat antara 50×70 cm.

Untuk waktu yang paling tepat melakukan tanaman yaitu antara awal musim penghujan dan dilakukan saat sore hari. Untuk pemeliharaan dan juga perawatan dilakukan ketika talas mencapai umur 1,3 dan juga 5 bulan. Pastikan untuk menyiapkan pupuk urea dan juga buatan agar lebih subur.

Dengan mengetahui cara budidaya talas beneng ini, tentu akan bisa menjadi gambaran ketika hendak terjun. Harga yang cukup tinggi dengan hasil yang banyak memberikan peluang untuk bisa sukses dibidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *