budidaya kunyit hitam

Kelebihan Budidaya Kunyit Hitam Dibandingkan Tanaman Lain

22 views

Kunyit hitam (Curcuma caesia) adalah tanaman yang berasal dari India. Tanaman kunyit hitam merupakan tanaman langka yang jarang ditemukan tetapi banyak digunakan terutama untuk obat-obatan. Permintaan pasar yang cukup tinggi tidak disertai dengan tingkat budidaya kunyit hitam di Indonesia yang masih sangat sedikit.

Kunyit hitam memiliki rimpang warna hitam gelap ketika sudah tua. Ciri khas lainnya yaitu daun kunyit berwarna merah pada bagian tepi daun. Budidaya tanaman ini memberikan banyak manfaat juga keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut kelebihan budidaya tanaman kunyit hitam dibandingkan tanaman lain:

1. Memiliki Banyak Manfaat

Tanaman kunyit memiliki segudang manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Kunyit hitam dijadikan tanaman obat tradisional oleh masyarakat India. Indonesia juga memanfaatkan tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman kunyit terutama kunyit hitam dapat menyembuhkan maag, nyeri perut, batuk, demam dan mempercepat proses penyembuhan. Kunyit hitam memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan gigitan hewan berbisa. Beberapa penyakit kulit seperti gatal dan ruam juga bisa disembuhkan menggunakan tanaman kunyit hitam.

2. Mudah Dibudidayakan

Kunyit dapat ditanam di lahan terbuka atau di polybag. Rimpang kunyit hitam dapat digunakan untuk bibit budidaya kunyit hitam. Perawatan kunyit hitam juga cukup mudah dan tidak memerlukan banyak air. Kunyit hitam dapat dipanen saat memasuki usia 8 bulan.

Bibit kunyit hitam dapat dibeli di pasaran berupa rimpang atau bibit yang sudah jadi dan memiliki beberapa daun. Harga bibit kunyit hitam memang cukup mahal karena harus impor dari luar negeri. Pembelian bibit bisa melalui penyuplai dan juga situs-situs belanja online yang ada.

3. Perawatan Cukup Mudah

Kunyit hitam sama dengan kunyit pada umumnya. Perawatan tanaman kunyit cukup mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Petani hanya perlu menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu basah. Air yang berlebihan menyebabkan rimpang kunyit hitam membusuk dan tidak dapat dipanen.

Kunyit hitam membutuhkan sinar matahari yang cukup terutama saat pagi. Peletakan polybag harus disesuaikan dengan arah sinar matahari. Penanaman di sekitar rumah membutuhkan pagar agar tanaman kunyit tidak diserang hewan ternak.

4. Harga Jual Cukup Tinggi

Rimpang kunyit hitam utuh pada salah satu situs belanja online seharga 3 juta per kilogramnya. Harga ini sesuai dengan kelangkaan bibit kunyit hitam itu sendiri. Situs belanja online menjual bibit yang berupa rimpang seharga 250.000 ribu. Bibit yang sudah siap tanam dihargai lebih mahal lagi.

Harga kunyit hitam yang cukup mahal dipengaruhi oleh kelangkaan dari kunyit hitam itu sendiri. Kandungan zat dalam kunyit hitam yang memiliki banyak manfaat juga menjadi pemicu mahalnya harga kunyit hitam. Kunyit hitam bahkan bisa dijadikan obat tunggal tanpa perlu tambahan obat lain.

5. Mudah Dipasarkan

Manfaat yang begitu banyak membuat prospek pasar dari tanaman kunyit hitam cukup menjanjikan. Kunyit hitam sangat mudah dipasarkan sebagai bahan obat tradisional. Ketersediaan kunyit hitam yang masih terbatas membuat permintaan kunyit hitam cukup tinggi. Petani juga bisa memasarkan rimpang kunyit sebagai bibit kunyit hitam untuk budidaya.

Budidaya tanaman kunyit hitam dalam skala rumahan memang hanya bisa dimanfaatkan oleh perorangan. Pembudidayaan dalam skala besar bisa di pasarkan di pabrik-pabrik farmasi dan obat-obatan tradisional. Pemasaran bibit kunyit hitam dapat memanfaatkan situs-situs belanja online yang ada.

Permintaan pasar yang tinggi tidak disertai dengan ketersediaan kunyit hitam di pasaran. Harga yang mahal menjadi alasan utama budidaya kunyit hitam sangat menguntungkan petani. Petani harus hati-hati jika ingin membeli kunyit hitam karena banyaknya kunyit hitam palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *