budidaya jeruk santang madu

Mengenal Budidaya Jeruk Santang Madu Beserta Tipsnya

26 views

Jeruk santang madu merupakan salah satu jenis jeruk memberikan rasa manis ketika dinikmati oleh banyak orang. Sangat jarang orang yang mengetahui budidaya jeruk Santang madu ini yang ternyata dapat dilakukan hanya di rumah. Sebelum melaksanakan budidaya terhadap jeruk santang madu ini maka harus mengenalnya terlebih dahulu.

Karakteristik Jeruk Santang Madu

Sebelum memulai untuk menanam tanaman jeruk santang madu ini pastikan sudah mengenal karakteristiknya. Jika belum mengenal, namun langsung terjun ke cara penanamannya maka akan sulit mengatasi ketika adanya masalah pada tanaman jeruk tersebut. Melakukan budidaya suatu tanaman cukup menarik di berbagai kalangan orang yang menyukai berkebun.

Jeruk santang madu memiliki rasa yang manis sehingga sangat populer di kalangan para pecinta buah. Ketika ingin melakukan budidaya terhadap jeruk santang ini pastikan kediaman berada di antara 500 hingga 1000 mdpl. Selain itu tanaman ini juga membutuhkan asupan matahari agar menghasilkan pertumbuhan yang cepat.

Saat penanaman bibit dari jeruk santang madu ini pastikan tanah yang digunakan adalah tanah humus. Selama melakukan budidaya pastikan untuk sering menyiram tanaman karena Tanaman jenis jeruk ini membutuhkan banyak kandungan air terutama saat musim panas. Semakin tinggi pohon maka semakin baik untuk ketahanan hidup dari tanaman jeruk santang madu.

Jeruk santang madu sangat cocok untuk dibudidayakan karena memiliki peminat yang cukup ramai. Melakukan budidaya nya cukup dari rumah saja bagi para pemula sehingga hemat ongkos. Setelah memperhatikan karakteristik dari jeruk santang madu ini maka dapat melanjutkan cara melakukan budidaya yang baik dan benar.

Tips Budidaya Jeruk Santang Madu

Sesuai urutan pertama, harus melakukan pemilihan bibit yang berkualitas sehingga kelak hasilnya sesuai dengan keinginan. Bibit yang dapat dipilih oleh pemula yaitu ketika sudah berumur 8 bulanan yang diletakkan pada polybag. Biasanya bibit ini memiliki harga berkisar Rp20.000 hingga Rp50.000. Setelah memiliki bibit dari jeruk santang madu maka perhatikan dalam meletakkannya di pot.

Tips yang sangat berguna bagi para pemula budidaya jeruk santang madu yaitu pemilihan pot dan media tanam. Ukuran pertumbuhan dari tanaman jeruk santang madu dapat ditentukan sesuai keinginan namun harus melakukan perawatan rutin. Semakin besar tanaman ini maka memiliki beban yang cukup berat sehingga gunakan pot yang kuat.

Untuk memilih media tanam yang tepat, gunakan tanah perkebunan sebagai solusi dalam melakukan budidaya jeruk santang madu. Salah satu contoh media tanam yang mudah didapatkan oleh pemula yaitu campuran antara tanah, pasir, dan juga pupuk organik dengan perbandingan yang sama. 

Penanaman jeruk santang madu harus dilakukan dengan baik akan membuat pertumbuhannya semakin cepat. Gunakan tanah yang sudah disediakan dan letakkan pada pot kemudian lubangi untuk meletakkan bibit jeruk santang madu jika menggunakan bibit. Namun untuk pembelian batangan tidak perlu melakukan penanaman kembali.

Setelah bibit dimasukkan, langkah selanjutnya yakni menutupnya dengan tanah dan menyiramnya menggunakan air. Letakkan saja di luar ruangan agar terkena matahari tanpa halangan apapun. Setelah itu lakukan perawatan pada tanaman tersebut secara rutin. Pastikan memberikan pupuk selama 4 bulan sekali dan lakukan pemangkasan untuk tanaman yang tidak terlalu tinggi.

Itulah informasi untuk mengenal budidaya jeruk santang madu beserta tipsnya agar menghasilkan buah yang berkualitas. Jeruk santang madu memiliki rasa yang manis sehingga memikat para pecinta buah untuk mencobanya. Melakukan budidaya tanaman dapat menambah penghasilan bagi para pengusaha kecil sehingga menambah pengalaman juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *