budidaya jambu kristal

Cara Budidaya Jambu Kristal Tanpa Ribet di Rumah

6 views

Jambu memiliki banyak varian, dari jambu merah, hingga jambu air. Saat ini terdapat varian jambu minim biji yang biasa disebut jambu Kristal. Jambu ini sendiri biasanya dijual dalam bentuk buah kiloan, namun saat ini sedang viral sejenis rujak jambu Kristal. Peluang bisnis ini bisa dimanfaatkan untuk mulai mencoba budidaya jambu Kristal tanpa ribet dirumah.

Tidak ada salahnya mencoba membudidayakan tanaman di rumah. Selain mengisi waktu luang, hasilnya  juga menggiurkan. Untuk cara budidayanya sendiri dapat disimak pada penjelasan berikut ini:

1. Persiapkan Lahan Tanam

Hal yang utama dalam memulai budidaya tanaman adalah lahan. Mempersiapkan sebuah lahan tentunya disesuaikan dengan jenis tanaman apa yang akan ditanam. Begitu pula dengan budidaya jambu Kristal ini sendiri, terdapat beberapa kriteria yang harus dipersiapkan.

Mulai dari media tanam memiliki pH sekitar 4,5 hingga 8,2. Lalu suhu udara kisaran antara 15 hingga 34 derajat celcius dengan kelembaban udara 70 persen hingga 90 persen. Setelah itu, buatlah sebuah lubang yang akan ditanami nantinya.

Lalu diamkan selama dua minggu sebelum penanaman. Selanjutnya paparkan sinar matahari selama 1 minggu, yang mana pada hari ketiga juga diberikan pupuk sekitar sepertiga dari lubang. Barulah tanah disiram untuk menjaga kelembapan sebelum penanaman.

2. Tentukan Bibit Tanam

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah menentukan bibit yang baik untuk digunakan dalam proses budidaya jambu Kristal. Ciri dari bibit yang baik adalah berasal dari induk yang baik pula. Terdapat kriteria yang wajib diperhatikan untuk menentukan bibit tersebut.

Mulai dari segi batang pohon yang kuat dan kokoh, tidak kecil dan ringkih. Selanjutnya kerimbunan dari pohon tersebut juga diperhitungkan. Selain semua itu, pohon jambu juga harus terbebas dari penyakit dan hama tanaman. Bibit itu sendiri harus mempunyai tinggi sekitar 50 cm hingga 100 cm.

3. Lakukan Penanaman Jambu Kristal

Lahan dan bibit yang sudah siap untuk ditanam ini tidak ada perlakuan khusus untuk proses penanaman jambu Kristal itu sendiri. Jika medianya sudah siap maka masukkan bibit yang tingginya sudah ditentukan di awal pada lubang lahan yang sudah disiapkan.

4. Perawatan Jambu Kristal

Langkah selanjutnya adalah mulai melakukan perawatan pada jambu Kristal yang telah ditanam. Terdapat empat proses perawatan itu sendiri yaitu penyulaman, pengairan, penyiangan dan pemangkasan. Proses perawatan tidaklah sulit untuk dilakukan. Adapun prosesnya dimulai dari proses penyulaman, yang mana mengganti tanaman yang mati dengan bibit baru.

Kemudian proses pengairan secara manual dengan melakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari. Jika pada musim hujan, proses pengairan ini tidak perlu dilakukan. Selanjutnya adalah proses penyiangan, dimana proses ini penting untuk menyingkirkan gulma pada tanaman secara rutin. Proses yang terakhir adalah pemangkasan cabang yang tumbuh sembarangan pada jambu kristal.

5. Lakukan Panen Buah

Langkah budidaya jambu Kristal yang terakhir tentunya panen. Jambu Kristal sendiri bisa dipanen pada usia dua tahun. Namun untuk menjaga kualitas dari jambu Kristal itu, terdapat proses pra panen. Proses ini dimana petani harus membungkus jambu dengan plastik, agar tidak dimakan hama tanaman.

Kriteria jambu Kristal yang baik untuk dipanen adalah buah jambu yang memiliki tampilan yang mengkilat. Lalu aromanya juga sudah tercium harum. Hal yang terakhir adalah warna buahnya yang cantik itu hijau kekuningan. Setelah memperhatikan ciri tersebut, petani sudah bisa memanen jambu yang ada.

Budidaya jambu jenis ini tidak merepotkan untuk dicoba sendiri dirumah. Hanya butuh ketelitian dan kesabaran, maka hasilnya akan membuat peluang bisnis yang baik. Ikuti cara budidaya jambu Kristal diatas untuk hasil yang lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *