budidaya jagung manis

7 Langkah Budidaya Jagung Manis untuk Diterapkan

41 views

Banyak petani yang sudah berhasil dalam melakukan penanaman jagung terlebih jagung manis. Berbeda dengan jagung biasa yang harus diolah dulu menjadi tepung, jagung manis bisa langsung dikonsumsi konsumen dengan cara dibakar, dibuat perkedel dll. Lalu, bagaimana cara menanam jagung yang baik? Dalam artikel berikut akan dipaparkan cara budidaya jagung manis yang benar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh petani jagung manis, mulai dari mencari bibit sampai proses pemanenan. Untuk proses perawatannya tidak jauh berbeda dengan jagung biasa. Biasanya jagung manis siap dipanen saat berumur kurang lebih tiga bulan setelah benih ditimbun tanah. Berikut adalah cara dalam berbudidaya tanaman jagung manis yang wajib diketahui:

1. Pemilihan Bibit yang Bagus

Hal pertama yang harus dilakukan petani sebelum mulai menanam jagung yakni memilih bibit. Pilihlah benih jagung manis yang berkualitas dan tidak cacat. Jika baru pertama kali dan tidak tau ciri-ciri benih bagus, maka sebaiknya bertanya dengan orang yang sudah paham dalam memilih bibit. Orang tersebut biasanya petani jagung yang sudah punya pengalaman dalam berbudidaya.

2. Mempersiapkan Lahan

Step ini sangat penting dilakukan karena jagung manis tidak akan bisa tumbuh subur dari lahan yang biasa-biasa saja. Langkah pertama yaitu mencangkul tanah agar menjadi gembur sekalian membersihkan sampah yang ada. Untuk mendapatkan hasil panen yang organik, maka tambahkan kotoran hewan agar tanah mendapatkan vitamin atau nutrisi.

3. Penanaman Jagung

Setelah tanah siap, masukkan benih jagung manis ke dalam tanah kurang lebih sedalam 4 cm dari permukaan tanah. Setiap lubang cukup diisi satu bibit saja agar saat dalam proses pertumbuhan, nutrisi yang masuk dalam tanaman cukup sehingga jagung menjadi subur. Perhatikan musim agar tanaman tidak kurang air.

4. Pembumbunan dan Penyiangan

Cara budidaya jagung manis yang sering diabaikan adalah pembumbunan dan penyiangan. Padahal kegiatan ini sangat penting untuk kesuburan jagung manis. Bersihkan rumput atau sampah-sampah di sekitar jagung agar nutrisi dari tanah bisa terfokuskan untuk si jagung manis. Lakukan pembumbunan tanah di pangkal batang agar tetap kuat menahan beban.

5. Melakukan Pemupukan

Ada dua pilihan dalam melakukan pemupukan, yaitu dengan organik dan non organik. Jika petani ingin hasil panennya seratus persen organik, maka pupuklah jagung dengan kotoran hewan. Namun, jika petani ingin panennya cepat besar, subur, dan buahnya bagus maka disarankan menggunakan pupuk kimia. Saat menggunakan pupuk kimia, diharapkan pemakaiannya tidak berlebihan.

6. Penyiraman

Kegiatan ini sebenarnya tidak perlu dilakukan ketika menanam jagung di musim hujan. Penyiraman ini sebaiknya dilakukan dengan rutin agar tanah tetap subur dan tidak kering. Tanaman pun akan tetap mendapatkan pasokan air. Jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit saat memberi air, yang penting cukup untuk kebutuhan jagung.

7. Panen Jagung

Step terakhir yang ditunggu-tunggu dalam budidaya jagung manis yakni memanen. Sebenarnya waktu pemanenan jagung manis tidak bisa dipatok karena tidak sama. Hal itu bisa disebabkan karena cuaca bahkan sampai ketinggian tanah. Namun biasanya jagung yang siap dipanen kurang lebih setelah berumur 3 bulan.

Itulah tujuh cara mudah budidaya jagung manis yang dapat dijadikan referensi. Untuk pemula, bertani jagung manis memang sulit tetapi jika tekun dan sabar maka hasilnya akan baik. Sebelum memulai budidaya, sebaiknya bertanya atau mencari info dulu tentang cara menanam jagung manis. Hal itu wajib dilakukan agar budidaya jagung dapat optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *